Sabtu, 08 Maret 2014

NAMA PAHLAWAN DARI PROVINSI JAWA TIMUR

Nama nama pahlawan berikut ini saya rangkum berdasarkan dari daerah kelahiran dengan maksud tujuan untuk memberikan motivasi untuk generasi muda saat ini agar dapat mencontoh pahlawan-pahlawan dari daerahnya yang mempunyai semangat didalam memperjuangkan daerahnya sampai tingkat nasional bahkan dalam percaturan tingkat internasional. dan juga dipaparkan sekelumit biografi hidup sampai wafatnya. Dan Surat Keputusan dari Negara untuk gelar pahlawan Nasional :



Tempat/tgl lahir : 
Surabaya,Jawa Timur, 06 Juni 1901
Tempat/tgl di Wisma Yaso
 Wafat : Jakarta, 21 Juni 1970
Dimakamkan
 di Blitar Jawa Timur

kini menjadi ikon kota tersebut, karena setiap tahunnya dikunjungi ratusan ribu hingga jutaan wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Terutama pada saat penyelenggaraan Haul Bung Karno
Pendidikan Sekolah :
 SD di Surabaya, HBS (Hoogere Burger School) tamat 1920 dilanjutkan THS (Technische Hoogeschool atau Sekolah Tekhnik Tinggi yg sekarang mrnjadi ITB tamat 25 Mei 1926 
 Ia adalah penggali Pancasila.
 Proklamator Kemerdekaan Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) pada tanggal 17 Agustus 1945.
 Jabatan : 
Presiden Republik Indonesia I
  Dr.Ir.Soekarno
nama Kusno Sosrodihardjo
Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo, seorang guru di Surabaya, Jawa. Ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai berasal dari Buleleng, Bali.Ketika kecil tinggal bersama kakeknya di Tulungagung, Jawa Timur. Pada usia 14 tahun, diajak  tinggal di Surabaya ole Oemar Said Tjokroaminoto (teman bapaknya) dan disekolahkan (H.B.S.) , mengaji di tempat Tjokroaminoto. Dan bergabung dengan organisasi Jong Java (Pemuda Jawa).Saat di Bandung, Soekarno berinteraksi dengan Tjipto Mangunkusumo dan Dr. Douwes Dekker, yang saat itu merupakan pemimpin organisasi National Indische Partij.mendirikan Algemene Studie Club di Bandung. 1926).mendirikan Partai Nasional Indonesia (1927) menyebabkannya ditangkap Belanda (12-1929 dan memunculkan pledoinya yang fenomenal: Indonesia Menggugat, hingga dibebaskan (31-12- 1931.)bergabung dengan Partai Indonesia (Partindo)(07-1932) kembali ditangkap (08-1933) diasingkan ke Flores.diasingkan ke Provinsi Bengkulu.(1938-1942) dibebaskan tahun 1942.Masa penjajahan Jepang di ankat sebagai Presiden Republik Indonesia Serikat (RIS) dan Mohammad Hatta diangkat sebagai perdana menteri RIS. Jabatan Presiden Republik Indonesia diserahkan kepada Mr Assaat, yang kemudian dikenal sebagai RI Jawa-Yogya. Namun karena tuntutan dari seluruh rakyat Indonesia yang ingin kembali ke negara kesatuan, maka pada tanggal 17 Agustus 1950, RIS kembali berubah menjadi Republik Indonesia dan Presiden Soekarno menjadi Presiden RI. Mandat Mr Assaat sebagai pemangku jabatan Presiden RI diserahkan kembali kepada Ir. Soekarno. Resminya kedudukan Presiden Soekarno adalah presiden konstitusional, tetapi pada kenyataannya kebijakan pemerintah dilakukan setelah berkonsultasi dengannya.tahun 1955, berinisiatif mengadakan Konferensi Asia-Afrika di Bandung yang menghasilkan Dasa Sila. Bandung dikenal sebagai Ibu Kota Asia-Afrika. Bersama Presiden Josip Broz Tito (Yugoslavia), Gamal Abdel Nasser (Mesir), Mohammad Ali Jinnah (Pakistan), U Nu, (Birma) dan Jawaharlal Nehru (India) ia mengadakan Konferensi Asia Afrika yang membuahkan Gerakan Non Blok. Berkat jasanya itu, banyak negara-negara Asia Afrika yang memperoleh kemerdekaannya..una menjalankan politik luar negeri yang bebas-aktif dalam dunia internasional, Presiden Soekarno mengunjungi berbagai negara dan bertemu dengan pemimpin-pemimpin negara. Di antaranya adalah Nikita Khruschev (Uni Soviet), John Fitzgerald Kennedy (Amerika Serikat), Fidel Castro (Kuba), Mao Tse Tung (RRC) 
Menandatangani 
 Surat Perintah 11 Maret 1966 Supersemar
SK Pers: 081/TK/1986 bertanggal 23-10-1986


Tempat/tgl lahir : Kampung Blauran Surabaya,
3 Oktober 1920
Tempat/tgl wafat 
: di Padang Arafah ,
7 Oktober 1981
Dimakamkan di
 TPU NGAGEL Surabaya
Sutomo (Bung Tomo)

adalah pahlawan yang terkenal karena peranannya dalam membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajah Belanda melalui tentara NICA, yang berakhir dengan pertempuran 10 November 1945 yang hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.
Ayahnya bernama Kartawan Tjiptowidjojo, seorang kepala keluarga dari kelas menengah. Ia pernah bekerja sebagai pegawai pemerintahan, sebagai staf pribadi di sebuah perusahaan swasta, sebagai asisten di kantor pajak pemerintah, dan pegawai kecil di perusahan ekspor-impor Belanda. Ia mengaku mempunyai pertalian darah dengan beberapa pendamping dekat Pangeran Diponegoro yang dikebumikan di Malang. Ibunya berdarah campuran Jawa Tengah, Sunda, dan Madura. Ayahnya adalah seorang serba bisa. Ia pernah bekerja sebagai polisi di kotapraja, dan pernah pula menjadi anggota Sarekat Islam, sebelum ia pindah ke Surabaya dan menjadi distributor lokal untuk perusahaan mesin jahit Singer. 
  Jabatan : 
Menteri Negara urusan bekas pejuang bersenjata/veteran
Menteri Sosial ad Intern tahun 1955 - 1956
Anggota DPR 1956 -1959 dari partai Partai Rakyat Indonesia

SK Pres: 041/TK/TH 2008 bertanggal 6-11-2008 Jawa Timur



Selain Nama Nama Pahlawan diatas yang telah mendapat SK sebagai pahlawan Nasional Indonesia masih ada beberapa pahlawan dari Provinsi Jawa Timur lainnya yang belum ditampilkan , siapa mereka ,Klick saja  tulisan diatas

Referensi : Berbagai Sumber


12 komentar:

  1. Kenapa nama Mulyadi dwidjo darmo tidak masuk dalam daftar pahlawan. Beliau adalah salah satu pencetus sumpah pemuda. Yg tergabung di dalam indonesia muda. Beliau juga pengarang buku hukum pertama di indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sementara ini,kita masih merangkum pahlawan-pahlawan yg telah disahkan oleh pemerintah sebagai pahlawan nasional,terima kasih atas saran bapak..Insyaallah kita akan menampilkan pahlawan-pahlawan yg lainnya.walapun belum disah kan oleh pemerintah,..tetapi.mereka tetap pejuang-pejuang kesuma bangsa yg tangguh membela negeri ini.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Ada Sugondo Djojopuspito (lahir di Tuban, Jawa Timur) ketua konggres pemuda II yang menghasilkan Sumpah Pemuda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sementara ini,kita masih merangkum pahlawan-pahlawan yg telah disahkan oleh pemerintah sebagai pahlawan nasional,terima kasih atas saran bapak..Insyaallah kita akan menampilkan pahlawan-pahlawan yg lainnya.walapun belum disah kan oleh pemerintah,..tetapi.mereka tetap pejuang-pejuang kesuma bangsa yg tangguh membela negeri ini.

      Hapus
  4. Bung Karno keLahiran Surabaya boz bukan BLitar..buku2 sejarah,makaLah,jurnaL dLL sebeLum tahun 1970/era orde baru mencatat bahwa Soekarno yg memiLiki nama keciL Koesno Lahir d Surabaya..
    Bahkan mantan kepaLa perpustakaan n museum Bung Karno d BLitar pun menyatakan bahwa Bung Karno Lahir d Surabaya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas koreksinya pak...memang Bung Karno kelahiran Surabaya..bukan kelahiran blitar memang ada kesalahan tekhnis..sekali lagi saya ucapkan terima kasih..mohon saran dan kritikannya pak...

      Hapus
  5. aku akan tetap mengabdi utk INDONESIA yg kucinta ini yg kusayangin ini, terima kasi byk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..terima kasih kembali, semoga bermanfaat.

      Hapus
  6. Terima kasih atas komentarnya....dan memang sepatutnya kita sebagai generasi bangsa untuk menghargai pahlawannya

    BalasHapus