Sabtu, 08 Maret 2014

NAMA PAHLAWAN DARI PROVINSI BALI

Nama nama pahlawan berikut ini saya rangkum berdasarkan dari daerah kelahiran dengan maksud tujuan untuk memberikan motivasi untuk generasi muda saat ini agar dapat mencontoh pahlawan-pahlawan dari daerahnya yang mempunyai semangat didalam memperjuangkan daerahnya sampai tingkat nasional bahkan dalam percaturan tingkat internasional. dan juga dipaparkan sekelumit biografi hidup sampai wafatnya. Dan Surat Keputusan dari Negara untuk gelar pahlawan Nasional :


lahir di 
Desa Carangsari,Petang Kabupaten Badung, Bali, Hindia Belanda,30 Januari 1917
meninggal di
Marga, Tabanan, Bali,
Indonesia,20 November 1946
pada umur 29 tahun 

Kol.TNI.Anm.I.Gusti Ngurah Rai

Beliau berasal dari Kabupaten Badung, Bali.Nama  pasukannya bernama "Ciung Wenara" yan pertempuran terakhir dikenal dengan nama Puputan Margarana. (Puputan, dalam bahasa bali, berarti "habis-habisan", sedangkan Margarana berarti "Pertempuran di Marga"; Marga adalah sebuah desa ibukota kecamatan di pelosok Kabupaten Tabanan, Bali) Bersama 1.372 anggotanya pejuang MBO (Markas Besar Oemoem) Dewan Perjoeangan Republik Indonesia Sunda Kecil (DPRI SK) dibuatkan nisan di Kompleks Monumen de Kleine Sunda Eilanden, Candi Marga, Tabanan. Penghargaan dari Pemerintah Indonesia Bintang Mahaputra dan kenaikan pangkat menjadi Brigjen TNI (anumerta).Dan diabadikan dalam nama bandar udara di Bali, Bandara Ngurah Rai. 

SK Pres: 063/TK/1975 bertanggal 9-8-1975


Hidup : (?) - 1849

I Gusti Ketut Jelantik 
Beliau berasal dari Karangasem, Bali. Ia merupakan patih Kerajaan Buleleng. Ia berperan dalam Perang Jagaraga  di Bali pada tahun 1849. Sebab Perlawanan ini berawal dari pemerintah kolonial Hindia Belanda ingin menghapuskan hak tawan karang yang berlaku di Bali, yaitu hak bagi raja-raja yang berkuasa di Bali untuk mengambil kapal yang kandas di perairannya beserta seluruh isinya. Ucapannya yang terkenal ketika itu ialah "Apapun tidak akan terjadi. Selama aku hidup aku tidak akan mangakui kekuasaan Belanda di negeri ini". Perang ini berakhir sebagai suatu puputan, seluruh anggota kerajaan dan rakyatnya bertarung mempertahankan daerahnya sampai titik darah penghabisan. Namun akhirnya ia harus mundur ke Gunung Batur, Kintamani. Pada saat inilah beliau gugur 

SK Pres: 077 /TK/ 1993 bertanggal 14- 9-199



lahir 
di Gianyar, Bali,24 Juli 1921
meninggal
22 April 1999
pada umur 77 tahun

Mr. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung

adalah ahli sejarah dan tokoh politik Indonesia.
Beliau adalah raja Gianyar, menggantikan ayahnya Anak Agung Ngurah Agung. Dan anaknya, Anak Agung Gde Agung, adalah Menteri Masalah-masalah Kemasyarakatan pada Kabinet Persatuan Nasional.Pendidikannya Sarjana hukum (Mr.) diraihnya di Jakarta dan gelar doktor diperolehnya di Universitas Utrecht, Belanda, di bidang sejarah.Beliau  pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri maupun Menteri Luar Negeri pada era pemerintahan Presiden Soekarno. Selain itu ia pernah menjabat pula sebagai Dubes RI di Belgia (1951), Portugal, Perancis (1953), dan Austria. 

SK Pres: 066/TK/TH 2007 bertanggal 6-11-2007

 
lahir 
di Bali, 1660 
Meninggal 
Bangil, Jawa Timur,
 5 Desember 1706
pada umur 45/46 tahun 
Nama aslinya Surawiroaji
SK Pres: 106/TK/1975 
bertanggal 3-11-1975
 Untung Surapati 
Beliau anak rakyat jelata dan budak VOC menjadi seorang bangsawan.ditemukan oleh Kapten van Beber (seorang perwira VOC yang bertugas di Makasar) di Bali. Dan dijualnya kepada perwira VOC lainnya di Batavia bernama MOOR dan sejak itu diberi nama untung karena selalu mendapatkan keberuntungan sejak si untung bersamanya Ketika Untung berumur 20 tahun, ia dimasukkan penjara oleh Moor karena menjalin hubungan dengan putrinya yang bernama Suzane. Untung kemudian menghimpun para tahanan dan berhasil kabur dari penjara dan menjadi buronan.dan akirnya dapat ditemukan ole Kapten Ruys (pemimpin benteng Tanjungpura) dan ditawarkan menjadi tentara VOC dan disinilah beliau bertemu dengan pangeran purbaya putra sultan aen tirtayasa saat beliau ditugaskan untuk mejemput ditahanan untuk dibawa ke tanjung pura,dan beliau menghancurkan pasukan Kuffeler di sungai Cikalong28-01-1684) yang disebabkan karena pasukan Kuffeler memperlakukan pangeran dengan kasar. Dan dia menancurkan pasukan Jacob Couper dan akirnya dia menjadi buronan VOC kembali.Ketika melewati Kesultanan Cirebon, Untung berkelahi dengan Raden Surapati, anak angkat sultan. Setelah diadili, terbukti yang bersalah adalah Surapati. Surapati pun dihukum mati. Sejak itu nama "Surapati" oleh Sultan Cirebon diserahkan kepada Untung. Pada bulan September 1706 gabungan pasukan VOC, Kartasura, Madura, dan Surabaya dipimpin Mayor Goovert Knole menyerbu Pasuruan. Pertempuran di benteng Bangil akhirnya menewaskan Untung Surapati alias Wiranegara tanggal 17 Oktober 1706
.



1876–1906
(tokoh Provinsi Bali)

I Gusti Ngurah Made Agung

Raja di Puri Agung Denpasar itu merupakan sosok yang pantang menyerah membela kebenaran ketika hendak dibohongi Belanda.

  • Raja ke-VII Kerajaan Badung di Denpasar, Bali, yang naik takhta tahun 1902.
  • seorang sastrawan yang karya-karyanya membangkitkan semangat perjuangan rakyat menentang kekuasaan Hindia Belanda di Bali.
  •  memimpin perang melawan Belanda pada 20 September 1906 kemudian gugur dalam medan peperangan yang dikenal dengan Puputan Badung.
  • I Gusti Ngurah Made Agung merupakan Pahlawan Nasional ke-5 yang berasal dari Bali.
Keppres No 116/TK/ 2015 tanggal 4 November 2015.
 


2 komentar:

  1. terimakasih bang Azwir ats postnya yang Bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kembali, mohon saran dan kritiknya...

      Hapus